Backpacker ke Bali? Cek Dulu Rute & Tarif Bus Trans Dewata Terbaru 2023!

Halo halo halo… ada yang pengen liburan ke Bali hemat? Bisa banget loh! Buat temen-temen yang mau liburan ala Backpacker ke Bali, kalian perlu tahu juga nih rute bus trans Bali dan koridornya biar traveling kalian lebih asyik dan juga lebih hemat.

Backpacker ke Bali

Jika ingin liburan hemat ke Bali atau yang sering disebut backpacker, kalian bisa melalui jalur darat jika memungkinkan. Namun jika tidak memungkinkan, misalnya dari pulau yang terlalu jauh, tentu saja harus tetap melalui jalur udara, karena untuk jalur laut sependek yang aku tahu belum ada kapal penumpang menuju Bali.

Kalaupun ada kapal penumpang yang singgah, biasanya hanya kapal pesiar dan kapal pinisi. Kalau ini sih jelas bukan backpacker ya bestie, hehe. Kecuali teman-teman dari Banyuwangi atau dari Lombok, baru deh bisa nebeng nyebrang naik kapal feri.

Oiya, buat yang suka perjalanan dengan kereta api, bisa banget loh! Cari aja tujuan kereta stasiun Ketapang Banyuwangi (KTG). Nah, setelah turun dari stasiun Ketapang kalian lanjutin ke pelabuhan Ketapang buat bisa nyebrang ke Gilimanuk.

Jarak stasiun Ketapang ke pelabuhan Ketapang-Gilimanuk ini nggak terlalu jauh kok bestie, bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Semoga next bisa berbagi pengalaman perjalanan backpacker ke Bali hemat menggunakan kereta api kelas ekonomi ini ya bestie.

Nah, setelah temen-temen sudah mendarat di Bali, temen-temen bisa menggunakan jasa sewa mobil dengan atau tanpa sopir. Atau, jika ingin hemat bisa menggunakan layanan ojek online. Tapi kalau mau lebih hemat lagi, sekarang sudah bisa nih berkeliling menggunakan transportasi umum bus Trans Metro Dewata.

Ya meskipun belum sekomplit di Jakarta, tapi menurutku sih keberadaan bus Trans Metro Dewata ini sudah cukup membantu banget.

Semoga segera ditambahin lagi koridornya biar bisa menjangkau lebih banyak tempat di Bali khususnya tempat-tempat wisata.

Yuk lah langsung aja cek koridor dan rute trans Bali ini!

liburan hemat ke bali

Backpacker ke Bali dengan Bus Trans Metro Dewata

Seperti bus Trans Jakarta yang beroperasi dengan menaikkan atau menurunkan penumpang melalui halte-halte yang sudah ditentukan di tiap-tiap koridor, bus Trans Metro Dewata ini juga beroperasi serupa. Namun armada bus yang digunakan saat ini memang belum sebesar di Jakarta. Mungkin karena pengguna transportasi umum/Bus di Bali ini masih terbilang rendah, ya.

Semoga ke depannya semakin banyak pengguna sarana transportasi umum biar Bali nggak semacet itu. Dan tentu saja, PR pemerintah untuk menyediakan transportasi yang terintegrasi, baik untuk menunjang mobilitas masyarakat setempat maupun kebutuhan transportasi bagi para pelancong.

Oke lanjut…

Bus Trans Metro Dewata ini resmi beroperasi di sekitar akhir tahun 2020 dengan jumlah 4 koridor yang beroperasi saat itu, yakni:

  1. Koridor 1 (K1B), koridor ini beroperasi untuk rute Tabanan – Sentral Parkir Kuta (PP).
  2. Koridor 2 (K2B – kode sebelumnya K02 karena satu-satunya yang tidak melalui terminal ubung), koridor ini beroperasi untuk rute GOR Denpasar – Bandara Ngurah Rai (PP). Namun di tahun 2023, koridor K2B berganti tempat keberangkatan menjadi Terminal ubung.
  3. Koridor 3 (K3B), koridor ini beroperasi untuk rute terminal Ubung – pantai Matahari Terbit (PP). *(Terjadi perubahan rute juga)
  4. Koridor 4 (K4B), koridor ini beroperasi untuk terminal Ubung – Monkey Forest Ubud (PP). Di tahun 2023, koridor ini pun mengalami perubahan rute keberangkatan, yakni dimulai dari GOR Ngurah Rai.

Nah tapi, setelah beroperasi lebih dari satu tahun, bus Trans Metro Dewata kembali menambah 1 koridor lagi yaitu koridor 5 (K5B) yang awalnya beroperasi di rute terminal Ubung menuju Sentral Parkir Kuta namun berbeda jalur dengan K1B. Di tahun 2023, koridor ini juga mengalami perubahan rute keberangkatan.

Nah yuk kita kupas satu per satu rute, halte, dan jadwal operasional di masing-masing koridor, syekhidots!

  • Foto diambil Mei 2022 saat masa PPKM sudah diicabut

Daftar Koridor, Halte, & Rute BRT Trans Metro Dewata Terbaru

Koridor 1 (K1B), Tabanan – Sentral Parkir Kuta (PP)

Rute koridor 1 bus Trans Metro Dewata adalah dimulai dari Sentral Parkir Kuta menuju terminal Pesiapan Tabanan, dan sebaliknya. Menurut informasi dari salah satu sopir bus untuk rute ini, jadwal bus Trans Metro Dewata K1B mulai beroperasi jam 4.30 (am) subuh yang dimulai dari Sentral Parkir Kuta. Sekadar info, semua bus untuk koridor ini parkir di Sentral Parkir Kuta. Kemudian jadwal bus berikutnya akan berangkat atau datang setiap sekitar 10-15 menit. Itu menurut jadwalnya. Realitanya, terkadang bus bisa telat terlambat hingga datang dua bus secara beruntun. Biasanya hal seperti ini karena terjadi kemacetan. Ya tahu lah ya gimana kondisi lalu lintas sekarang ini.

Sedangkan bus terakhir yang berangkat dari Sentral Parkir Kuta adalah jam 18.30 petang. Namun jika akan melakukan perjalanan dari arah Tabanan menuju Sentral Parkir Kuta. Bus terakhir sekitar jam 8 malam waktu setempat. Kabarnya, jam keberangkatan terakhir ini pun mengalami pergeseran, namun sampai detik ini info tersebut belum dapat kupastikan.

Buat yang ingin backpacker ke Bali melalui jalur darat, seperti bus malam atau kereta api, bisa banget menggunakan transportasi bus Trans Metro Dewata ini saat keluar dari terminal Mengwi.

Rute Koridor 1 (K1B)

Rute Sentral Parkir Kuta menuju Pesiapan Tabanan

  • Sentral Parkir Kuta (keberangkatan)
  • Halte Abian Base
  • Halte Imam Bonjol 1 – Trans Studio barat (halte di luar TSM)
  • Halte Pulau Galang barat – jl. Imam Bonjol sisi selatan
  • Halte Simpang Soputan
  • Halte Abian Timbul barat – jl Imam Bonjol sisi selatan
  • Halte Buagan 1 –  jl Imam Bonjol sisi utara (dekat perempatan Teuku Umar)
  • Halte Buagan 2 (Damkar)
  • Halte Banjar Monang Maning barat – jl Imam Bonjol sisi utara
  • Halte terminal Tegal Sari – jl Imam Bonjol sisi utara
  • Halte Cineplex (halte connector) – jl. Thamrin
  • Halte Puri Kawan Jero Kuta – Jl. Setia Budi
  • Halte Toyota Agung AutoMall – jl. Cokroaminoto
  • Terminal Ubung (halte connector)
  • Halte Banjar Petangan Gede barat – jl. Cokroaminoto Ubung (dekat Masjid Darussalam)
  • Halte pos Kargo barat –  dekat garasi Bus Gunung Harta.
  • Halte Simpang kargo
  • Halte pintu masuk Puspem Badung – Sempidi
  • Halte Delod Pempatan
  • Halte simpang Empat Darma Saba selatan – Depan warung nasi Lukluk
  • Halte RSDU Kapal
  • Halte pasar Kapal barat – area pusat gerabah Kapal
  • Halte simpang tiga Panglan barat – setelah tikungan Kapal
  • Terminal Mengwi
  • Halte Abian Tuwung – warung Kita Dewi Sri
  • Halte simpang Koripan – Patung Nuwun Padi (Kediri Tabanan)
  • Halte simpang Patung Soekarno – dekat RSIA Puri Bunda Tabanan
  • Halte Sanggulan – seberang Hardys Tabanan
  • Halte simpang Grogak selatan – sebelum perempatan Grogak
  • Halte Farigata – depan Alfamart / Apotek K24
  • Halte simpang Dukuh selatan – dekat jl. Anyelir Tabanan (Nadhira)
  • Halte simpang Gubug selatan – dekat SMP Bintang Persada
  • Terminal Pesiapan Tabanan (tujuan akhir)


Rute Sentral Parkir Kuta menuju Pesiapan Tabanan

  • Terminal Pesiapan Tabanan (keberangkatan)
  • Halte SMK/SMP Bintang Persada
  • Halte simpang Dukuh utara – dekat jl. Anyelir Tabanan
  • Halte toko Sari Untung – dekat Apotek K-24 / seberang halte Surya Abadi
  • Halte simpang Grogak utara –
  • Halte swalayan Artasedana – Hardys lama
  • Terminal Kediri
  • Halte patung Nyuwun Padi – Kediri Tabanan
  • Halte Abian Tuwung utara – Abian Tuwung Tabanan
  • Terminal Mengwi
  • Halte pasar Bringkit
  • Halte simpang tiga Panglan utara – sebelum tikungan Kapal (dari arah Tabanan)
  • Halte pasar Kapal timur
  • Halte Benih Perikanan – seberang RSUD Kapal
  • Halte simpang empat Darma Sada utara – dekat warung nasi Lukluk
  • Halte pintu keluar Puspem Badung – Sempidi
  • Halte pos kargo timur – setelah pertigaan kargo (dari arah Tabanan)
  • Halte Banjar Petangan Gede timur – jl. Cokroaminoto utara
  • Terminal Ubung (halte connector)
  • Halte RS Manuaba timur – jl. Cokroaminoto
  • Halte Sutomo
  • Halte Puri Jero Kuta – jl. Sutomo
  • Halte kawasan heritage Gajah Mada – depan pasar Badung
  • Halte Hotel Raya Hasanuddin – jl. Hasanuddin depan kantor BCA
  • Halte Banjar Baler Tegal Griya – jl. Imam Bonjol utara
  • Halte Banjar Monang Maning timur – jl. Imam Bonjol utara
  • Halte Sungai Buagan – jl. Imam Bonjol utara, dekat jl. Teuku Umar
  • Halte Buagan selatan – jl. Imam Bonjol selatan, dekat jl. Teuku Umar
  • Halte Banjar Abian Timbul timur – jl. Imam Bonjol selatan
  • Halte Pulau Galang timur – jl. Imam Bonjol selatan
  • Halte Imam Bonjor Square – pintu masuk Imbo Square
  • Halte Trans Studio timur – seberang TSM
  • Halte Abian Base
  • Sentral Parkir Kuta (tujuan akhir)

Koridor 2 (K2B), Terminal Ubung - Bandara Ngurah Rai

Koridor 2 atau K2B yang sebelumnya berkode K02 (seingatku). Menurutku saat itu kodenya beda sendiri karena koridor ini satu-satunya yang tidak melewati terminal Ubung. Nah, buat para bestie yang ingin backpacker ke Bali melalui jalur udara bisa mengandalkan koridor 2 ini untuk keluar dari bandara Ngurah Rai.

Nah tapi di tahun 2023, koridor ini mengalami perubahan lokasi keberangkatan yakni dari terminal Ubung. sedangkan rutenya sendiri, juga mengalami sedikit perubahan dari rute sebelumnya.

Lebih detailnya, cek langsung daftar rute koridor K2B ini.

Rute Koridor 2 (K2B)

Rute Terminal Ubung – Bandara Ngurah Rai

  • Terminal Ubung (keberangkatan)
  • RSU Manuaba
  • Sutomo
  • Puri Agung Jerokuta
  • Kawasan Heritage Gajahmada
  • Pasar Burung Satria
  • GOR Ngurah Rai (halte connector)
  • Halte SMAN 7 Denpasar (ada haltenya) – jl. Kamboja dekat Polda Bali
  • Hotel Melati
  • Terminal Kreneng
  • Halte Banjar Kayu Mas – jl. Surapati
  • Halte RS Udayana (halte connector
  • Halte UNUD Sudirman 1
  • Halte UNUD Sudirman 2
  • Halte Dewi Sartika (Matahari mall) – dekat mall Level 21
  • Halte Teuku Umar 1 – Circle K 
  • Halte Teuku Umar 2 – Indoraya teuku umar
  • Halte Teuku Umar 3 – dekat simpang enam
  • Halte Teuku Umar 4 – Amaris hotel
  • Halte Buagan selatan (4) – jl. Imam Bonjol selatan, dekat perempatan Teuku Umar.
  • Halte Banjar Abian Timbul timur – jl. Imam Bonjol selatan
  • Simpang Soputan
  • Halte Pulau Galang timur – jl. Imam Bonjol selatan
  • Halte Imam Bonjol Kelod 2– dekat pertigaan Nakula.
  • Halte Imam Bonjol Kelod 3 – CK seberang Trans Mall Studio.
  • Halte Abian Base Timur
  • Halte Raya Kuta 1 – Sentral Parkir Kuta (rambu) – tidak masuk ke dalam sentral parkir
  • Halte Raya Kuta 2 (pom bensin Gelael, dekat Domino Pizza)
  • Halte Kantor Camat Kuta.
  • Halte Tuban 1 – Joger
  • Halte Tuban 2 – the Keranjang Kuta
  • Halte Tuban 3 – Yonif 741 timur – seberang Yonif 741
  • Halte Tuban 4 – Krisna Kuliner
  • Halte perum kompleks burung (selatan)
  • Bandara Ngurah Rai parkiran domestik (ada halte) – pemberhentian terakhir

Rute Bandara Ngurah Rai – GOR Ngurah Rai

  • Bandara Ngurah Rai parkiran domestik (halte)
  • Halte perum komplek burung (utara)
  • Halte Tuban 5 -Krisna Kuta
  • Halte Tuban 6 – Yonif 741
  • Halte Tuban 7 – The Keranjang (halte arah balik terdekat dari Joger)
  • Halte Raya Kuta 3 – BPD Kuta – jl. Raya Kuta (halte arah balik terdekat dari Joger)
  • Halte Raya Kuta 4 – Gelael Barat – depan hotel Park Regis Kuta (Ngojek terdekat ke Mall Bali Galeria)
  • Halte Raya Kuta 5 – Sentral Parkir – tidak masuk ke dalam sentral parkir.
  • Halte Abian Base
  • Halte Imam Bonjol Kelod 1 (Trans Mall Studio)
  • Halte Pulau Galang barat – jl. Imam Bonjol selatan
  • halte Simpang Soputan
  • Halte Abian Timbul Barat – jl. Imam Bonjol selatan
  • Halte Teuku Umar 5 – Hotel Amaris
  • Halte Teuku Umar 6
  • Halte Teuku Umar 7
  • Halte Teuku Umar 8
  • Halte UNUD Sudirman 1
  • Halte UNUD Sudirman 2
  • Halte Dewi Sartika – Matahari Mall
  • Halte Diponegoro (Ramayana Mall)
  • Halte Pasar Burung Satria
  • Halte GOR Ngurah Rai
  • Halte SMAN 7
  • Halte Hotel Melati
  • Halte Banjar Kayu Mas
  • Halte Jl Suli 1
  • halte Jl Suli 2
  • Halte Gatsu 2 (Pizza Hut)
  • Halte SMPN 10
  • Terminal Ubung 

Koridor 3 (K3B), Terminal Ubung - Pantai Matahari Terbit Sanur

Koridor 3 (K3B) juga menjadi koridor yang paling favorit setelah koridor 1. Koridor ini memiliki rute dari terminal Ubung menuju pantai Matahari Terbit Sanur. Jadi buat temen-temen yang ingin traveling ke pantai Sanur, bisa menggunakan rute ini.

Karena aku tinggalnya di Tabanan, biasanya untuk menuju pantai Sanur ini aku harus pindah koridor bus. Biasanya sih aku pindahnya di terminal Ubung karena koridor 1 dan koridor 3 bertemu di terminal Ubung juga. Nah tapi, info terbarunya adalah, koridor K3B ini kini berpindah rute. 

Hmmm, biar nggak bingung, langsung cek aja ya rutenya. Untuk peta jaringan, teman-teman bisa langsung mengeceknya di aplikasi Teman Bus biar bisa ngira-ngira arahnya.

Rute Koridor 3 (K3B)

Rute terminal Ubung – pantai Matahari Terbit Sanur

  • Terminal Ubung (keberangkatan)
  • Halte Dharma Alaya Lumintang (Gatsu).
  • Halte Gatsu 1 (Happy Puppy)
  • Simpang Nangka (McD)
  • Living world Denpasar
  • Simpang Noja
  • Simpang Trengguli
  • Sekar Jepun
  • RSU Dharma Yadnya
  • SMPN 14 DPS
  • Pura Petilan Ngerebong
  • Puri Kesiman
  • Abian Kapas
  • SMAN 7 Denpasar
  • Hotel Melati
  • Banjar kayu Mas
  • RSAD Udayana
  • Simpang Sudirman (Pojok Sudirman)
  • BI Bali 
  • Dishub Bali
  • Samsat Denpasar
  • Dinas Pariwisata 1
  • Kantor Gubernur Bali 1
  • Halte Plaza Renon – jl. Raya Puputan Renon
  • Halte SDN 2 Sanur – Jl. Hangtuah
  • Halte Simpang Sanur (KFC Sanur) – jl. By pass Ngurah Rai Sanur
  • Halte Matahari Terbit Sanur (tidak parkir)

Oiya, rute ini awalnya tidak masuk ke depan kantor Gubernur ya, dan jarak haltenya cukup jauh yaitu dari Samsat ke Plaza Renon. Dulu sempat sebal karena pengen mampir ke warung ayam betutu halal di pojokan jalan Merdeka nggak bisa karena haltenya terlalu jauh. Tapi alhamdulillah sekarang sudah ada halte kantor Gubernur. Masih jauh juga sih, hehe. Tapi kalau mau ke lapangan Renon sekarang sudah nggak muter-muter kayak dulu.

Oke next…

Rute pantai Matahari Terbit Sanur – terminal Ubung

  • Halte Matahari Terbit Sanur (keberangkatan)
  • Halte Hangtuah – jl. Hangtuah Sanur (seberang halte SDN 2 Sanur
  • Halte kantor Parkir Daerah – Jl. Raya Puputan Renon.
  • Halte Kantor Gubernur 2
  • Halte Dinas Pariwisata 2
  • Halte Kejaksaan Negeri
  • Halte Dinas Pendidikan Provinsi Bali
  • Halte Dewi Sartika (Matahari mall) Dekat Level 21 mall
  • Halte Ramayana mall – jl. Diponegoro, kawasan pertokoan Diponegoro
  • Halte Pura Jala Lambih – jl. Diponegoro
  • Halte Hasanuddin – depan kantor BCA Hasanuddin (komplek toko emas)
  • Halte Cineplex (halte connector) – jl. Thamrin
  • Halte Puri Kawan Jero Kuta – Jl. Setia Budi
  • Halte Toyota Agung AutoMall – jl. Cokroaminoto
  • Halte Hotel Aston – jl. Gatsu barat
  • Halte Mitra 10 – jl. Gatsu barat dekat perempatan McD & KFC
  • Halte Tiara Gatsu (sisi selatan)
  • Halte pos pengamanan terpadu Dalung (kawasan pasar Dalung)
  • Halte Tiara Gatsu (sisi utara)
  • Halte Masjid Al Furqon Dukuh Sari – seberang halte Mitra 10
  • Halte Hotel Aston utara – seberang hotel Aston
  • Terminal Ubung (pemberhentian terakhir/parkir)

Koridor 4 (K4B), GOR Ngurah Rai - Monkey Forest Ubud

Koridor 4 (K4B) ini dulunya boleh dibilang koridor yang paling mandiri karena tidak terkoneksi dengan koridor lain sejak (kecuali Ubung). Namun setelah diadakan perombakan rute, K4B Bus yang kini diberangkatkan dari GOR Ngurah Rai menuju Monkey Forest Ubud sudah memiliki connecting transit dengan koridor lainnya. Meskipun nggak banyak juga sih, hehe.

Buat temen-temen backpacker yang mau ke kawasan pasar seni Sukawati dan Monkey Forest bisa menggunakan rute ini, ya.

Oiya, meski Monkey Forest letaknya di Ubud, tapi bukan kawasan wisata Ubud yang umumnya dikenal banyak wisatawan ya. Tadinya sih aku berharapnya koridor ini tuh menuju daerah Ubud yang kalau siang macetnya bikin laper itu. Seneng lagi kalau bisa sampai Klungkung, hehe.

Oh iya satu lagi, sekadar info nih, selain K4B bus Koridor juga ada dua bus Sarbagita yang berangkat dari GOR ini ya temans.

Rute Koridor 4 (K4B)

Rute GOR Ngurah Rai – Monkey Forest Ubud

  • GOR Ngurah Rai (keberangkatan)
  • Halte Abian Kapas
  • Katrangan
  • Pura Petilan Ngerebong
  • RSU Dharma yadnya
  • Halte Tohpati 1
  • Halte Kertalangu
  • Halte Titi Banda
  • Halte Tohpati 2
  • Halte Asrama Brimob
  • Terminal Batubulan
  • Cening Bagus Batubulan
  • Banjar Kalah Batubulan
  • Halte lapangan Candramuka – Batubulan
  • Halte Celuk 1 – Cening Ayu Souvenir
  • Halte RSU Ganesha
  • Halte kantor desa Celuk
  • Halte pasar seni Sukawati
  • Halte Banjar Peninjauan
  • Halte Apotek Kimia Farma – Sukawati
  • Halte simpang Sakah
  • Halte RS Ari Santhi
  • Halte kantor kepala desa Mas Ubud
  • Halte Public Safety Center
  • Halte LPD desa adat Peliatan Ubud
  • Halte Pura Dalem Puri Peliatan Ubud
  • Halte Hanoman 1
  • Halte Hanoman 2
  • Halte Hanoman 3
  • Halte Monkey Forest Ubud – pintu masuk
  • Halte Monkey Forest 1 (dekat Circle K)
  • Halte Lapangan Astina Ubud
  • Halte Puri Ubud
  • Halte Cok Sudarsana 1
  • Halte kantor desa Peliatan Ubud
  • Halte rumah makan Kajane (seberang halte public safety center)
  • Halte KSP Citra Buana
  • Halte Serba Sambal (warung SS)
  • Halte Lucky Store
  • Halte Awe Bali
  • Halte Banjar Delod Tunon
  • Halte bale banjar Babakan Sukawati
  • Halte Pura Pande Bang (kawasan pasar Sukawati)
  • Halte Mutiara Silver (kawasan kerajinan perak Celuk)
  • Halte Clandy’s
  • Halte LPD Jero Kuta
  • Halte kantor desa Batubulan
  • Halte BPR Tish
  • Terminal Batubulan
  • Halte Tohpati 3 (asrama Brimob)
  • Halte Tohpati 1
  • Halte Kertalangu
  • Halte Titi Banda 
  • Halte Tohpati 2
  • RSU Dharma Yadnya
  • SMPN 14 Dps
  • Pura Petilan Ngerebong
  • Puri Kesiman
  • Banjar Abian Kapas
  • Halte SMAN 7 Denpasar
  • GOR Ngurah Rai (pemberhentian terakhir/parkir)

Koridor 5 (K5B), Sentral Parkir Kuta – Poltek Negeri Bali (PP)

Koridor 5 merupakan koridor terbaru dan baru resmi dibuka pada awal 2022. Koridor ini tadinya  menghubungkan terminal Ubung dan Sentral Parkir Kuta dengan rute yang berbeda dari koridor 1 (K1B), yakni melewati kawasan Denpasar Timur dan by pass Ngurah Rai.

Nah di tahun 2023, koridor K5B ternyata juga mengalami perubahan besar. K5B berangkat dari Sentral Parkir Kuta menuju Matahari Terbit Sanur melalui Sunset Road, kemudian berbalik arah melewati bypass Ngurah Rai kembali untuk menuju kawasan kampus UNUD kemudian berbalik kembali di halte Politeknik Negeri Bali.

Mungkin untuk koridor ini sasarannya adalah mahasiswa Unud kampus Jimbaran, Meski begitu, aku tetap berharap koridor K5B ini nantinya dapat memfasilitasi pengguna menuju tempat wisata di kawasan Selatan, seperti pantai Melasti atau pantai Pandawa. Toh kalau untuk menuju kampus saja, sudah ada Bus Sarbagita yang juga sudah terkoneksi dengan bus trans metro dewata ini.

Ini dia rute terbaru K5B Trans Metro Dewata ya temans.

Rute Koridor 5 (K5B)

Rute Sentral Parkir – Poltek Negeri Bali

  • Sentral Parkir Kuta (keberangkatan)
  • Halte Sunset Road
  • Halte Tanah Kilap
  • Halte Hutan Mangrove
  • Halte Kepaon
  • Halte Praja Raksaka
  • Halte SMAN 10 Dps
  • Halte Simpang Benoa
  • Halte Serangan
  • Kerta Petasikan
  • RSUD Bali Mandara
  • Halte Mertasari
  • Halte Bet Ngandang
  • SMPN 9
  • Halte pantai Sindhu
  • Halte simpang Sanur
  • Halte Titi Banda2
  • Halte Titi Banda 1 – jl. By pass Ida Bagus Mantra (pojokan patung)
  • Halte Padang galak 1 – by pass Ngurah Rai Kesiman
  • Halte Matahari Terbit *luar (halte connector) – Sanur
  • Halte Sindu 1 – by pass Ngurah Rai, dekat pantai Sindu
  • Halte SMPN 9 Denpasar (1) – Sanur
  • Halte BET Ngandang 1 – Sanur
  • Halte Mertasari 1 – dekat pantai Mertasari Sanur
  • Halte Danau Poso 1 – RSUD Bali Mandara
  • Halte Kerta Petasikan 1 – by pass Sanur
  • Halte Serangan 1 – pintu masuk pulau Serangan
  • Halte simpang Benoa
  • Halte SMAN 10
  • Praja Raksaka
  • Halte Halte Kepaon – by pass Ngurah Rai, Pemogan
  • Halte Mangrove 1 – pintu masuk hutan Mangrove
  • Halte Mall Bali Galeria – hotel Harris Kuta Galeria
  • Halte Agung Bali Sunset Road
  • Halte Banjar Abian Base (timur)
  • Sentral Parkir Kuta (halte luar) menuju Gelael Setia Budi dan berbalik arah di Sunset Road.
  • Halte ByPass Ngurah Rai 1 (MBG)
  • Halte ByPass Ngurah Rai 2 (Patasari)
  • Halte Kelan
  • ByPass Ngurah Rai 3 (Kedonganan)
  • Halte Jimbaran 1
  • Halte Jimbaran 2
  • Simpang Unud
  • RS Unud
  • Fakultas pertanian Unud
  • Fakultas teknik Unud
  • Rektorat Unud
  • FMIPA Unud
  • FEB Unud
  • Politeknik Negeri Bali
  • FEB Unud
  • FMIPA Unud
  • Rektorat Unud
  • Fak. Teknik Unud
  • Fak. Pertanian Unud
  • RS Unud
  • Simpang Unud
  • Halte Jimbaran 3
  • Halte Jimbaran 4
  • Halte ByPass Ngurah Rai 4 (Kedonganan)
  • Halte Kelan
  • Halte Tuban 5 (Krisna)
  • Halte Tuban 6 (Yonif 741)
  • Halte Tuban 7 (the Keranjang)
  • Halte Raya Kuta 3 (BPD Kuta)
  • Halte Raya Kuta 4 (gelael SPBU)
  • Sentral Parkir Kuta (pemberhentian terakhir/parkir)

Tarif dan Cara Pembayaran Bus Trans Metro Dewata

Untuk sistem pembayarannya, BRT Trans Metro Dewata ini menggunakan kartu uang elektronik seperti e-toll, e-Money, Brizzi, BCA Flash, hingga Indomaret e-card. Yakni dengan cara menempelkan kartu ke mesin yang tersedia di sebelah pak sopir. Yang suka nonton Drakor pasti paham. Hehe.

Senengnya lagi, sekarang juga sudah support pembayaran menggunakan QRIS. Kedua cara pembayarannya sama-sama praktis. Tapi, beberapa kali aku menemukan masalah mesin tap e-money tidak bisa diakses oleh beberapa kartu.

Sementara, untuk penggunaan QRIS karena notabene harus menunjukkan ke driver setiap kali sukses pembayaran, jadi sedikit memakan waktu kalau bawa pasukan banyak. Overall sih OK. Tapi semoga bisa menjadi catatan bagi pengelola agar ke depannya lebih baik.

Sementara untuk besaran tarif yaitu Rp. 4.400 per sekali naik (setelah 2 tahun di-GRATIS-kan ya. Dan mengalami kenaikan dari skema tarif lama yang rencananya Rp.3.500. Wajar sih ya, kan sudah gratis 2 tahun plus harga BBM juga naik.

Sementara untuk pelajar/mahasiswa, lansia, anak-anak, serta penyandang distabilitas yang tadinya GRATIS, kini diberlakukan tarif khusus sebesar 2000 rupiah. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi 0821 82000 300 atau datang ke kantornya di Sentral parkir Kuta dan Terminal Ubung pada jam 9 am – 4 pm WITA.

Oiya, temen-temen juga bisa mengunduh aplikasi Teman Bus di Play Store untuk cek jadwal bus terdekat dengan posisi kita secara live.

My Impression

Dengan adanya bus Trans Metro Dewata jujur aku pribadi terbantu banget, dan seneng banget malah. Busnya juga nyaman dan nggak pakai ugal-ugalan rebutan penumpang. Berharap sih koridornya diperbanyak biar bisa menjangkau lebih banyak tempat terutama tempat wisata di Bali. Haltenya juga, semoga titik-titik yang masih terlalu jauh dari halte segera ada haltenya.

Kalau boleh usul, bus untuk ke wilayah Bedugul dong, Pak. Pengen bawa bocah ke bedugul tapi motor nggak muat. Ehh curhat.

Kekurangan yang saat ini masih terasa, untuk koridor 1 dari Tabanan kalau pagi kadang masih terlalu lama jarak bus satu dengan bus selanjutnya. Ironisnya, setelah menunggu lebih dari setengah jam, bus malah datang bersamaan. Mohon lebih dikontrol lagi, karena kemarin kebetulan bareng dengan orang yang pergi bekerja jadi telat.

Aku juga pernah menemukan sopir yang sedikit kurang menyenangkan. Aku sih belum pernah mengalami sendiri secara langsung, hanya kebetulan saat itu ada penumpang yang terlihat sedikit kecewa.
Mungkin pihak manajemen bisa mengingatkan secara berkala tentang hospitality ini.

Meski begitu, hampir semua sopirnya ramah, bahkan ada yang ramah banget. Semangat ya bapak-bapak, terima kasih sudah nganterin kita ke banyak tempat. 🙂

Oiya, untuk kursi prioritas (lihat foto, 2 kursi warna merah), sepertinya kursinya agak kurang nyaman jika itu untuk kaum prioritas (bumil, ibu bawa bayi, manula, atau distabilitas), karena agak susah membukanya. Mungkin sebaiknya ada kuncian yang bisa lebih memudahkan untuk membuka kursi tersebut mengingat diperuntukkan bagi kaum prioritas.

Karena aku pribadi saat dulu si adek masih bayi banget agak kerepotan pas duduknya, dan pas berdiri kursinya langsung njepat, wkwk. Ya itu opini pribadi aja sih, semoga bisa lebih memudahkan saja.

Oke deh temen-temen, semoga info koridor dan rute bus Trans Metro Dewata di atas bermanfaat buat para bestie semua yang ingin backpacker ke Bali. Berharap next koridornya bisa lebih menjangkau lebih banyak tempat wisata maupun tempat yang sering dikunjungi masyarakat umum di Bali, dan yang penting terkoneksi antar koridor.

Semoga Bali kembali bangkit dan keberadaan bus Trans ini bisa mengurangi kemacetan.
Happy Traveling ^o^

About Author

Mom of 3 - a foodie, blogger, and always feel like younger than my skin.

3 Comments

  1. Tahun kemaren 2x ke Bali, lupa mo nagih cake teh Sera.
    Sepertinya komen saya ini salah blog ya 😀

  2. hahaha… tahun kemarin saya di Jawa, Bang. Baru balik ke Bali ini makanya nggak pernah update blog, hehe

  3. SBOBET88 says:

    thank you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!