Mengembangkan pendahulunya yaitu bus Sarbagita, rute Bus Trans Metro Dewata kini memiliki total 5 koridor yang tersebar ke berbagai wilayah sekitar Denpasar. Koridor-koridor ini didesain agar bisa saling terhubung atau terintegrasi baik antar koridor bus trans metro dewata, terintegrasi dengan bus Sarbagita, terminal bus antar kota antar provinsi, hingga bandara.
Daftar Isi
ToggleSeperti bus Trans Jakarta yang beroperasi dengan menaikkan atau menurunkan penumpang melalui halte-halte yang sudah ditentukan di tiap-tiap koridor, bus Trans Metro Dewata ini juga beroperasi serupa. Namun armada bus yang digunakan saat ini memang belum sebesar di Jakarta. Mungkin karena pengguna transportasi umum/Bus di Bali ini masih terbilang rendah, ya.
Semoga ke depannya semakin banyak pengguna sarana transportasi umum biar Bali nggak semacet itu. Dan tentu saja, PR pemerintah untuk menyediakan transportasi yang terintegrasi, baik untuk menunjang mobilitas masyarakat setempat maupun kebutuhan transportasi bagi para pelancong.
Koridor dan Rute Bus Trans Metro Dewata Bali
Bus Trans Metro Dewata resmi beroperasi di sekitar akhir tahun 2020 dengan jumlah rute sebanyak 4 koridor yang beroperasi saat itu, yakni:
- Koridor 1 (K1B), koridor ini beroperasi untuk rute Tabanan – Sentral Parkir Kuta (PP).
- Koridor 2 (K2B – kode sebelumnya K02 karena satu-satunya yang tidak melalui terminal ubung), koridor ini beroperasi untuk rute GOR Denpasar – Bandara Ngurah Rai (PP). Namun di tahun 2023, koridor K2B berganti tempat keberangkatan menjadi Terminal ubung.
- Koridor 3 (K3B), koridor ini beroperasi untuk rute terminal Ubung – pantai Matahari Terbit (PP). *(Terjadi perubahan rute juga)
- Koridor 4 (K4B), koridor ini beroperasi untuk terminal Ubung – Monkey Forest Ubud (PP). Di tahun 2023, koridor ini pun mengalami perubahan rute keberangkatan, yakni dimulai dari GOR Ngurah Rai.
Nah tapi, setelah beroperasi lebih dari satu tahun, bus Trans Metro Dewata kembali menambah 1 koridor lagi yaitu koridor 5 (K5B).
Koridor ini awalnya beroperasi di rute terminal Ubung menuju Sentral Parkir Kuta dengan jalur yang berbeda dari rute K1B. Namun di tahun 2023, koridor ini mengalami perubahan rute keberangkatan yakni dari sentral Kuta menuju Jimbaran.
Masih kebingungan nomor koridor rute bus trans metro dewata? Yuk kita kupas satu per satu rute, halte, dan jadwal operasional di masing-masing koridor!
Ettapi, karena postingan rute ini ternyata terlalu panjang. Akhirnya aku memutuskan untuk memisah koridor di postingan yang berbeda ya Temans. Nanti, teman-teman bisa mengeceknya di masing-masing halaman yang sudah aku sematkan link-nya di bawah agar temen-temen tinggal klik aja. Syekhidots!
Daftar Koridor dan Rute Trans Metro Dewata Terbaru 2024
- Koridor 1 (K1B), memiliki rute keberangkatan dari Sentral Parkir Kuta menuju Kabupaten Tabanan (PP). Rute ini juga transit di terminal Ubung.
- Koridor 2 (K2B), memiliki rute keberangkatan dari Terminal Ubung menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai (PP)
- Koridor 3 (K3B), memiliki rute keberangkatan dari Terminal Ubung menuju Pantai Matahari Terbit Sanur. Rute ini beroperasi ke wilayah Denpasar Timur dan melawati jalan Gatot Subroto (tengah dan timur).
- Koridor 4 (K4B), koridor ini memiliki rute keberangkatan dari GOR I Gusti Ngurah Rai menuju kawasan Monkey Forest Ubud.Â
- Koridor 5 (K5B), memiliki rute keberangkatan dari Sentral Parkir Kuta menuju kampus Poltek Negeri Bali (PP). Selain ke arah Jimbaran, koridor ini juga beroperasi ke wilayah Sanur melalui by pass Ngurah Rai.
Tarif dan Cara Pembayaran Bus Trans Metro Dewata
Untuk sistem pembayaran bus trans metro dewata saat ini sudah menggunakan QRIS dan kartu uang elektronik seperti e-toll, e-Money, Brizzi, BCA Flash, dan sejenisnya.Â
Cara bayar menggunakan kartu uang elektronik cukup mudah, yakni cukup menempelkan kartu ke mesin yang tersedia di sekitar area kursi sopir. Tempelkan kartu hingga lampu indikator berwarna hijau yang artinya pembayaran telah berhasil. Pecinta Drakor sih pasti sudah paham, dong.
Sedangkan cara pembayaran menggunakan QRIS, seperti biasanya, kita harus memindai kode QR yang sudah tersedia di sekitar area sopir juga.
Kedua cara pembayaran tersebut sama-sama praktis menurutku. Meskipun hingga saat ini masih sedikit lambat proses pemindaian kartu oleh mesin pembayaran. Sedangkan pembayaran menggunakan QRIS, dimana kita juga harus menunjukkan proses pembayaran berhasil, maka akan membutuhkan waktu lebih lama dibanding waktu bus berhenti.
Saat ini karena penumpang belum terlalu banyak, mungkin hal-hal delay itu tidak terlalu mengganggu. Namun bagaimana jika nantinya pengguna bus semakin banyak? Tentunya akan cukup mengganggu. Semoga PR ini bisa segera diatasi oleh pihak terkait ya. Karena harapanku, ke depannya transportasi umum di seluruh Indonesia dapat setara dengan transportasi di negara-negara maju.
Tapi overall sih OK. Semoga tetap bisa menjadi catatan bagi pengelola agar kedepannya bisa lebih efektif dan lebih nyaman lagi.
Nah tahun lalu, pada 2023, bus trans metro dewata memberlakukan skema tarif baru. Yakni tarif terkoneksi dengan durasi 90 menit. Artinya, setelah kartu berhasil terpindai pembayaran, kartu tidak akan terpotong pembayaran lagi dalam kurun waktu 90 menit berikutnya meski kita telah berganti koridor/bus lebih dari 1 kali.
Dan tentu saja, dengan peraturan tersebut kita tidak lagi bisa menggunakan 1 kartu untuk seluruh anggota keluarga, teman, atau membantu orang lain yang kehabisan saldo.
Terus gimana dong kalau membawa anak-anak?
Yup! Anak-anak di atas usia 6 tahun dianjurkan memiliki kartu pembayaran sendiri. Kartu tersebut bisa didaftarkan untuk mendapatkan tarif khusus anak-anak yaitu sebesar 2000 rupiah. Tarif khusus tersebut tidak hanya berlaku bagi anak-anak, namun juga berlaku untuk lansia, pelajar, dan juga disabilitas.
Namun jika belum memilikinya, anak-anak atau penumpang dengan kriteria tarif khusus tersebut bisa tetap membayar menggunakan QRIS dengan tarif khusus. Teman-teman bisa menanyakannya kepada driver untuk kode QRIS tarif khusus ini. Hanya saja, pembayaran menggunakan QRIS tidak/belum berlaku tarif koneksi, baik untuk pengguna umum maupun pengguna dengan tarif khusus. Jadi saat berganti bus, maka kita tetap harus membayar ulang.
Untuk skema tarif normal yang berlaku saat ini yaitu Rp. 4.400 per sekali naik, atau tarif yang akan dikenakan dalam 90 menit pertama jika menggunakan kartu uang elektronik.
Sementara untuk pelajar/mahasiswa, lansia, anak-anak, serta penyandang distabilitas yang sebelumnya GRATIS kini sudah berlaku tarif khusus sebesar 2000 rupiah. Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat mendapatkan tarif khusus ini silakan hubungi bagian pelayanan Trans Metro Dewata di nomor 0821 82000 300Â atau datang ke kantor Bus Trans Metro Dewata di Sentral parkir Kuta pada jam 9 am – 4 pm WITA.
Oiya, temen-temen juga bisa mengunduh aplikasi Teman Bus di Play Store untuk mengetahui jadwal bus terdekat dengan posisi kita secara live.
My Impression
Dengan adanya bus Trans Metro Dewata jujur aku pribadi terbantu banget, dan seneng banget malah. Busnya juga nyaman dan nggak pakai ugal-ugalan rebutan penumpang. * Eh tapi pernah ding dapet driver yang agak ngebut dan bikin worry saat turun karena bawa 2 bocil. Mohon lebih dikontrol lagi ya para drivernya. Berharap sih koridornya diperbanyak biar bisa menjangkau lebih banyak tempat terutama tempat wisata di Bali. Haltenya juga, semoga titik-titik yang masih terlalu jauh dari halte segera ada haltenya.
Kalau boleh usul, bus untuk ke wilayah Bedugul dong, Pak. Pengen bawa bocah ke bedugul tapi motor nggak muat. Ehh curhat.
Kekurangan yang saat ini masih terasa, untuk koridor 1 dari Tabanan kalau pagi kadang masih terlalu lama jarak bus satu dengan bus selanjutnya. Ironisnya, setelah menunggu lebih dari setengah jam, bus malah datang bersamaan. Mohon lebih dikontrol lagi, karena kemarin kebetulan bareng dengan orang yang pergi bekerja jadi telat. Saat mendekati jam makan siang juga seperti itu. Karena aku pernah menunggu setengah jam lebih dan berhasil telat meeting. Hehe.
Then. Aku juga pernah menemukan sopir yang sedikit kurang menyenangkan. Aku sih belum pernah mengalami sendiri secara langsung, hanya kebetulan saat itu ada penumpang yang terlihat sedikit kecewa.
Mungkin pihak manajemen bisa mengingatkan secara berkala tentang hospitality ini.
Meski begitu, hampir semua sopirnya ramah, bahkan ada yang ramah banget. Semangat ya bapak-bapak, terima kasih sudah nganterin kita ke banyak tempat. 🙂
Oiya, untuk kursi prioritas (lihat foto, 2 kursi warna merah), sepertinya kursinya agak kurang nyaman jika itu untuk kaum prioritas (bumil, ibu bawa bayi, manula, atau distabilitas), karena agak susah membukanya. Mungkin sebaiknya ada kuncian yang bisa lebih memudahkan untuk membuka kursi tersebut mengingat diperuntukkan bagi kaum prioritas.
Karena aku pribadi saat dulu si adek masih bayi banget agak kerepotan pas duduknya, dan pas berdiri kursinya langsung njepat, wkwk. Ya itu opini pribadi aja sih, semoga bisa lebih memudahkan saja.
Oke deh temen-temen, semoga info koridor dan rute bus Trans Metro Dewata di atas bermanfaat buat teman-teman semua, baik yang tinggal di Bali dan yang ingin backpacker ke Bali.
Berharap next koridornya bisa menjangkau lebih banyak tempat wisata maupun tempat yang sering dikunjungi masyarakat umum di Bali, dan yang penting terkoneksi antar koridor.
Semoga Bali kembali bangkit dan keberadaan bus Trans ini bisa mengurangi kemacetan.
Happy Traveling ^o^
안녕!
Tahun kemaren 2x ke Bali, lupa mo nagih cake teh Sera.
Sepertinya komen saya ini salah blog ya 😀
hahaha… tahun kemarin saya di Jawa, Bang. Baru balik ke Bali ini makanya nggak pernah update blog, hehe
thank you
Thank you for your articles. They are very helpful to me. May I ask you a question?
Hi The Air Ducts! Yes, sure.
Thanks for posting. I really enjoyed reading it, especially because it addressed my problem. It helped me a lot and I hope it will help others too.
Hi Bob, my pleasure.
The articles you write help me a lot and I like the topic
You helped me a lot with this post. I love the subject and I hope you continue to write excellent articles like this.
Great content! Super high-quality! Keep it up!
Thanks for posting. I really enjoyed reading it, especially because it addressed my problem. It helped me a lot and I hope it will help others too.
Your articles are extremely helpful to me. May I ask for more information?